Tuesday 2 January 2018

Varian Oleh-Oleh Istimewa yang Tak Boleh Dilewatkan dari Kota Cirebon

oleh oleh cirebon, oleh2 cirebon
photo : wikipedia



Anda pernah berkunjung ke Kota Cirebon?

Kota yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang tak terlalu jauh dari ibu kota. Anda bisa memesan tiket kereta online secara mudah jika ingin mengunjungi Cirebon. Karena setiap hari selalu ada kereta yang berangkat dari dan ke Cirebon.

Jangan membayangkan kalau Cirebon adalah kota kecil yang sepi. Banyak objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di kota tersebut. Selain itu, Anda juga berkesempatan membeli aneka oleh-oleh ini saat berlibur ke Cirebon:

Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat adalah salah satu camilan sehat khas Cirebon. Kerupuk yang satu ini terbuat dari adonan sagu dan digoreng di pasir yang sudah dipanaskan. Sehingga bebas kandungan lemak dan lebih tahan lama. Harga kerupuk melarat juga sangat terjangkau sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

Tape Ketan

Tape ketan asli Cirebon juga menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati. Tape yang terbuat dari ketan dan ragi tersebut dibungkus dengan daun pisang dalam ukuran kecil. Biasanya tape ketan Cirebon dijual dalam kemasan ember. Sebaiknya Anda memilih tape ketan yang belum benar-benar matang. Supaya tingkat kematangannya pas ketika Anda membawanya pulang. Tape ketan yang sudah matang saat dibeli akan mengandung terlalu banyak alkohol dan  rasanya jadi kurang nikmat.

Terasi Udang

Cirebon memang terkenal dengan hasil laut yang melimpah dan berkualitas. Sehingga olahan hasil laut Cirebon juga menjadi oleh-oleh populer. Salah satu yang paling istimewa adalah terasi udang. Terasi udang khas Cirebon terbuat dari bahan dasar udang yang komposisinya cukup banyak dan kesegarannya terjamin. Rasanya juga tidak terlalu asin sehingga cocok dijadikan bahan baku aneka jenis makanan.

Ikan Asin

Hasil laut lainnya yang tak kalah populer dari Cirebon adalah ikan asin. Cirebon dikenal dengan ikan asin yang berkualitas. Kalau Anda berkunjung ke kawasan pesisir Cirebon, Anda tentu leluasa memilih oleh-oleh ikan asin yang variannya sangat beragam dan harganya terjangkau. Oleh-oleh istimewa ini pasti disukai oleh hampir semua orang.

Kue Gapit

Kue gapit terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Teksturnya sangat tipis dan renyah menyerupai kue simping. Kini, olahan kue gapit memiliki rasa yang sangat variatif. Ada rasa kacang, keju, bawang, udang, dan masih banyak lagi. Proses pembuatan kue ini sangat unik, yaitu menggunakan dua lempengan besi super panas untuk menghasilkan tekstur kue yang tepat.

Emping

Kalau Anda menyukai camilan bercita rasa renyah, pasti Anda menyukai emping. Oleh-oleh emping khas Cirebon juga istimewa karena terbuat dari melinjo berkualitas. Kalau ingin membeli oleh-oleh, Anda bisa memilih emping yang belum digoreng. Selain rasa original, ada pula aneka rasa lainnya seperti rasa udang dan rumput laut. Anda belum tentu bisa menemukan emping dengan aneka rasa jika tidak membelinya di Cirebon.

Gula Batu

Mungkin Anda sudah jarang menemukan gula batu di pasaran. Namun, jenis gula yang satu ini masih bisa ditemukan dengan mudah di Cirebon. Uniknya, gula batu khas Cirebon memiliki rasa yang bervariasi, seperti leci dan lemon. Ketika dicampur dengan teh panas, gula batu tersebut akan menghasilkan sensasi rasa yang istimewa.

Ulasan tentang ragam oleh-oleh khas Cirebon ini pasti membuat Anda bersemangat untuk berkunjung ke sana. Yuk wujudkan rencana liburan ke Cirebon. Nikmati suasana kotanya yang indah dan siapkan oleh-oleh istimewa untuk keluarga dan sahabat yang menantikan kepulangan Anda.

0 comments:

Post a Comment